Strategi Kewirausahaan Digital: Mengenal Perkembangan Pasar dan Masyarakat Digital Indonesia

Perkembangan Pasar dan masyarakat digital indonesia - Data dari We Are Social dan Hootsuite menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan internet terbesar di dunia, yaitu sebesar 51% dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Angka ini jauh dari rata-rata pertumbuhan internet global yang hanya mencapai sebesar 10%. Indonesia juga berada dalam 12 besar negara di dunia dengan jumlah terbesar penggunaan telepon pintar di dunia. Angka ini menunjukkan potensi yang besar jika pelaku bisnis dapat memulai go digital.

Komunitas di era digital umumnya cenderung mendambakan inovasi dan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya platform penjualan online, media sosial, dan pilihan pembayaran transaksi elektronik yang efisien untuk masyarakat.

PASAR-digital-indonesia


Pertumbuhan e-commerce juga berkembang pada 2017 bersama-sama dengan tinggi penetrasi internet. Pengguna internet di Indonesia 2017 Januari mencapai 132.7 juta penduduk, dan 97,4% akses internet untuk membuka media sosial. Selain platform dan penjualan online dan e-commerce, jaringan media sosial juga digunakan oleh para pembisnis dan kalangan umum untuk membeli dan menjual barang. Dengan koneksi internet yang menjadi semakin mudah, real-time komunikasi yang menggunakan media sosial juga akan merampingkan proses pembelian dan penjualan.

Lu Chayapa & Cheng menyatakan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk membeli barang di toko online:

1. kenyamanan
Faktor kenyamanan ini terutama penting bagi orang-orang yang menghindari keramaian berdesak-desakan di sebuah toko-toko, ketika waktu ada diskon pada hari dan liburan. Masyarakat memilih untuk berbelanja online serta untuk menghindari tatap muka interaksi yang kadang-kadang menyebabkan ketidaknyamanan Kapan pergi berbelanja.

2. kelengkapan informasi
Internet yang memfasilitasi akses yang cukup luas dalam hal informasi. Selain itu, beberapa platform memberikan peringkat dan ulasan untuk memberikan ulasan dan informasi tentang kualitas produk barang.

3. penyediaan produk dan layanan
Hanya dengan mengunjungi website ini, masyarakat dapat mengetahui keberadaan barang tanpa harus mengeluarkan uang untuk kunjungan ke toko apalagi terkadang ada free ongkos kirim yang semakin membuat para konsumen lebih memilih membeli barang secara online. Hal ini juga membantu pembeli potensial yang terletak jauh dengan toko, tanpa harus mengunjungi tetapi masih dapat membeli barang-barang secara online.

4. biaya dan waktu efisiensi
Beberapa situs web, seperti eBay, menawarkan pembeli potensial di harga terbaik dengan membandingkan harga di toko-toko berbagai sekaligus. Perbandingan harga ini menjadi bermakna pembeli potensial. Selain itu, belanja online dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Dikenal sebagai salah satu pasar offline adalah yang terbesar di dunia, Indonesia saat ini memberikan pasar siap untuk bersaing secara online. Digitalisasi telah menjadi hal yang penting dilakukan untuk menyediakan komunitas Indonesia ke dalam masyarakat. Digitalisasi akan terus berkembang dan meningkat, tidak hanya dalam hal jual beli online masih banyak hal yang akan terus meningkat dan bertambah dengan semakin majunya teknologi walau terkadang ada juga yang tidak suka dengan hal ini, tetapi mau tidak mau semua sektor dan semua pihak Indonesia harus dan dapat menjadi sebuah negara yang terintegrasi dan siap untuk menghadapi era globalisasi.

Sumber: E-Book Strategi Kewirausahaan Digital - KEMKOMINFO RI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Strategi Kewirausahaan Digital: Mengenal Perkembangan Pasar dan Masyarakat Digital Indonesia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Download-game-construction

Iklan Bawah Artikel