5 cara langkah terpenting dalam memulai bisnis online

Cara Bisnis Online - Mungkin diantara anda ada yang masih pemula atau baru terpikirkan dalam benak anda Bagaimana caranya dalam memulai bisnis online, oleh karena itu disini saya akan bagikan 5 langkah terpenting yang harus anda ketahui dalam memulai bisnis online anda agar lebih tertarget dan maksimal.

5 cara langkah terpenting dalam memulai bisnis online

Langkah-langkah dalam memulai bisnis online untuk pemula

1. Memiliki Passion


Pertama dan ini adalah merupakan pondasi penting yang harus anda ketahui dalam memulai bisnis online anda yaitu adalah menemukan passion anda atau yang bisa dikatakan hal yang membuat anda suka gemar bergairah dalam melakukan sesuatu, karena jika anda tidak mengenal akan hal ini terlebih dahulu tentu nantinya anda akan menganggap hal ini adalah sebuah beban namun jika sebaliknya, tentu anda akan allout dan maksimal dalam melakukan segaka sesuatunya.

Jadikan bahwa halk berbisnis online yang anda lakukan adalah merupakan sebuah hobbi, tidak pernah anda memikirkan bahwa ini adlaah kerja, Contohnya jika anda gemar memasak? Kemudian saya yakin ,tanpa anda disuruh pun pasti anda ingin masak sendiri, Ada orang datang gak ada orang, anda akan tetap memasak, kenapa? karena anda hobbi. Sama ketika anda hobbi menonton sepak bola? Anda gak perlu dibayar untuk menonton sepak bola, bahkan anda membayar untuk menonton sepak bola. betul? Setelah itu yang harus anda lakukan adalah bagaimana membuat bisnis online anda menjadi lebih produktif.

Kalau dalam bisnis online hal pertama yang harus anda cari adalah barang apa, produk atau mungkin hal yang yang membuat anda tertarik, membuat anda senang, misalnya fashion, Ada orang yang ketika berbicara fashion dia senang banget, jadi misal ada orang memakai sebuah baju, dia bisa nilai dan mempunyai feeling kira-kira baju ini bisa laku apa tidak? Jadi sudah punya cita rasa dan juga pemilihan warnanya. Ini merupakan hal yang amat penting sekali, karena ketika anda pertama kali memulai bisnis online nanti anda yang harus pilih barangnya. Setelah itu mengenal passion atau ketertarikan akan sesuatu dan hal itu yang akan membuat anda nyaman dalam melakukan bisnis online
2. Role Model

Hal kedua yang harus anda lakukan adalah mencari role model yang sukses terlebih dahulu, maksudnya anda harus mencari siapa yang dulu jual fashion laku berat dan anda mengidolakan dia, siapa yang dulu jualan rambut palsu laku berat dan anda mengidolakan dia, Ini penting sekali mengapa? kalau anda tidak mempunyai role model, bisa dibayangkan anda diberi sebuah kertas yang kosong kemudian anda yang tidak mempunyai pengalaman sama sekali, tidak mengerti sama sekali dan tidak tahu prospeknya seperti apa, bisa besarnya seperti apa dan anda harus memulai sebuah bisnis itu. jadi seperti anda disuruh untuk menggambar seekor gajah dalam kertas kosong tersebut, sedang anda sendiri tidak tahu gajah itu bentuknya seperti apa. pasti sulit bukan? Tapi kalau anda sudah tahu oh ada orang yang pernah menggambar seekor gajah anda lihat gambarnya dan anda tiru, ini adalah teknik Amati tiru modifikasi (Atm).

Kalau misalkan anda mengidolakan seseorang yang misalnya dia jago dalam hal menjual gadget, sedangkan anda senangnya fashion. itu tidak mengapa yang penting jualanya barang, anda tinggal lihat bagaimana caranya dia jualan, bagaimana dia promosi, cara dia memposting sebuah photo mereknya memposting konten deskripsi jualanya dan sebagainya. itu bisa menjadi inspirasi anda. kalau misal anda melihat sesorang yang jualanya sesuai dengan categori yang anda jual maka anda tinggal lihat bagaimana ia memulai bisnisnya, prospeknya kedepan, dan bagaimana dia mempresentasikan dan juga membuat konten produknya dan lain sebagainya. karena ini hal yang sangat krusial dan penting yang harus anda perhatikan terutama bagi anda yang pemula.

3. Build Customer

Maksud disini adalah mengira-ngira hal yang orang sukai dengan arti kata jika anda suka dengan yang namanya handphone Iphone misalnya anda jangan terfokus untuk menjual barang yang hanya anda suka karena tidak semua barang yang anda sukai akan disukai oleh banyak orang juga dan begitupun sebaliknya hal yang anda tidak sukai akan banyak juga tidak disukai orang, jadi hal ini penting untuk anda perhatikan. Namun jika anda tidak terlalu jeli dan paham dalam memilih customer anda dapat memanfaatkan facebook ads karena perlu anda ketahui facebook ads mempunyai sistem algoritma yang dapat mengetahui keinginan pengguna dengan beriklan di facebook maka bisnis anda akan tertarget dan lebih maksimal.

4. Memilih Kategori

Mengapa kategori? karena kategori ini cakupanya luas misalnya anda menjual Pisang sale, Namun pasti anda tidak mau dunk hanya sebatas menjual pisang sale saja betul?, itulah mengapa anda harus menentukan Kategori yaitu snack atau makanan ringan, misalnya ketika pisang sale anda berkembang anda bisa memperluas ke kategori barang serupa yaitu snack misalnya yang tadi anda menjual pisang sale sekarang merambah ke keripik pedas macem-macem intinya anda bisa berkembang dari satu kategory tersebut. sebelum memilih produk yang terpenting adalah pilih kategorinya.

5. Memilih Chanel penjualan

Pilih chanel penjualan anda dan stuck to it maksudnya adalah jangan membuka toko terlalu banyak seperti contoh misalkan untuk usaha offline contohnya anda membuka toko di mangga dua, jangan langsung buka toko lagi di tanah abang, jangan langsung buka toko lagi di pgs jangan buka toko terlalu banyak dahulu, kenapa? Anda harus konsentrasi di satu tempat terlebih dahulu. kalau di dalam dunia digital anda harus pilih terlebih dahulu, mau jual dimana di instagram kah, di website kah, di market place kah, Anda harus pilih, karena setiap market ini beda-beda karakter user atau penggunanya, jadi anda harus pilih salah satu dan konsentrasi disitu. contoh kecil misalnya anda memilih instagram anda tahu bahwa pengguna instagram kebanyakan itu berumur 35 tahun kebawah dan kebanyakn pengguna instagram itu 55% adalah wanita jadi kalau produk anda cocok dengan usia 35 tahun kebawah maka instagram itu cocok dan yang terkahir yang amat sangat penting dan hal-hal diatas tidak akan berguna bagi anda adalah jika anda tidak melakukan yang namanya ACTION, jadi tunggu apalagi bangun bisnis anda dari sekarang dan jangan ditunda-tunda dengan macam alasan atau fasilitas yang menjadi alasan anda untuk bergerak, Baca Juga: Cara Berjualan Online Di Shopee

Nah itulah 5 cara langkah terpenting dalam memulai bisnis online, semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 cara langkah terpenting dalam memulai bisnis online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Download-game-construction

Iklan Bawah Artikel