Pengertian Jenis Jenis Bisnis Online yang dapat anda coba Semuanya nyaris tanpa modal

Pengertian dan Jenis-Jenis Bisnis Online

Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan di internet dengan memanfaatkan situs market place, blog/situs web, media sosial, forum, email, e-commerce dan fasilitas online lain. Bisnia online biasanya dijalankan di rumah. Pelakunya sering disebut "wiraisaha online".

Istilah lain bisnis online adalah "make money online" (menghasilkan uang di media online) dan "earning money with blog" (mendapatkan uang dengan blogging

Istilah lain bisnis online adalah Make Money online  "" (menghasilkan uang di media online) atau contohnya menghasilkan uang dengan blogging,vlogging dan lain sebagainya.

Pengertian Jenis Jenis Bisnis Online yang dapat anda coba Semuanya nyaris tanpa modal
Sumber Picture: Pixabay.com

Jenis-Jenis Bisnis Online

Mengenai Jenis jenis bisnis online tentu akan ada banyak perspektif atau pandangan luas yang akan kita dapatkan, seperti salah satu contoh yang saya sebutkan diatas yaitu dengan blogging atau youtube yang mana sang creator yang menjalankan dinamakan Youtuber Namun ada banyak jenis jenis bisnis online lainya seperti contohnya Jual beli Online di market place ternama seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan situs jejaring sosial seperti instagram dan facebook yang tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian.

Berikut Jenis-Jenis bisnis online yang dapat anda coba dan semuanya nyaris tanpa modal

1. Dropshiper

Ide dasar dibalik dropship bisnis adalah bahwa, sebagai pemilik bisnis kecil, Anda tidak perlu untuk menyimpan atau menyetok barang dan tidak harus berurusan dengan pengiriman barang untuk pelanggan Anda.

Adanya Dropshiper membuat anda yang bahkan tidak memiliki modal sekalipun dapat menjalankan bisnis. Selain itu, Anda menghindari kerumitan mengirimkan pesanan ke seluruh pelosok Indonesia atau bahkan di luar negeri.


Sebaliknya, Anda bekerja dengan perusahaan atau bisnis yang mengkhususkan diri anda dalam jenis bisnis online dropship. Berikut adalah cara kerjanya:

  • Anda bekerjasama dengan suplier dropship
  • Selanjutnya, Anda melisting produk yang dijual ke website Anda atau di platform marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia
  • Ketika Anda pembelian, maka Anda menerima uang dari pembeli lalu memesan barang dari suplier dropship. Biasanya suplier ini memberikan harga lebih murah kepada dropshipper.
  • Selanjutnya, suplier melakukan packing dan mengirim barang ke pembeli dimana pada bagian pengirim tertera nama Anda.

Anda bekerja sama dengan supplier atau penyedia barang, Selanjutnya, Anda melisting produk yang dijual ke situs web Anda atau anda memposting barang di market place seperti Bukalapak, Shopee dan Tokopedia

Ketika Ada pembelian, Anda menerima uang dari pembeli dan kemudian memerintahkan barang yang ada pada supplier untuk dikirim kepada pelanggan anda dengan menggunakan nama anda sebagai dropshipnya dan setelah barang dikirim anda akan mendapatkan profit dari hasil terjualnya barang.

Cukup mudah bukan? Dengan menjadi dropshiper, Anda dapat menawarkan berbagai macam produk, sehingga biaya operasional untuk bisnis Anda sangat rendah.

Namun, ada kekurangan dari jenis model bisnis dropship ini. Anda harus mencari supplier/pemasok yang memiliki reputasi baik dan dapat diandalkan untuk mengirim barang ke pelanggan Anda. Jika pesanan Anda terlambat, tidak disampaikan, atau produk-produk berkualitas rendah, maka Anda yang akan disalahkan oleh pelanggan anda.

Namun jika anda adalah seseorang yang gak mau keluar modal begitu besar dalam memulai bisnis di internet ini, menjadi dropshipper adalah bisnis yang patut untuk anda coba.

2. Bisnis afiliasi Marketing

Jenis bisnis online Afiliasi pemasaran agak mirip dengan bisnis dropship tetapi ada beberapa perbedaan mendasar. Dengan model bisnis online ini, sekali lagi Anda tidak perlu menyetok barang dan tidak perlu khawatir tentang pengiriman produk kepada pelanggan.

Bahkan, ketika Anda tidak memiliki produk, Anda dapat menjual produk orang lain dan mengambil keuntungan. Pada dasarnya, Anda hanya perlu untuk memilih niche atau jenis bisnis online yang menguntungkan untuk bisnis online Anda, Terlebih lagi jika anda baru berkecimpung dalam bisnis ini, kemudian menemukan mitra afiliasi yang memiliki produk yang tersedia untuk dipasarkan.

Perbedaan mendasar antara dropship dengan afiliasi pemasaran adalah teknologi. Bisnis dropship, kita sebagai dropshipper harus berkomunikasi dengan calon pembeli, biasanya melalui chat whatsapp atau fitur chat yang disediakan oleh marketplace yang anda memasarkan barang anda disitu.


Dalam Bisnis afiliasi, sebagai afiliasi marketer Anda tidak harus berkomunikasi dengan calon pembeli, tapi cukup mempromosikan link khusus milik Anda. Jika ada pembelian melalui link Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Beberapa e-commerce Di Indonesia yang menawarkan kesempatan untuk menjadi afiliasi:

  • Lazada.co.id
  • Blibli.com
  • Bhinneka.com
  • Ratakan.com
  • Idaff.com
3. Blogging


Jika Anda memiliki keahlian atau minat dalam suatu topik, maka Anda dapat membuat uang dengan membangun sebuah blog ataupun website. Mengambil keuntungan dari layanan platform blogging gratis seperti Blogger (www.blogger.com) untuk menciptakan sebuah blog. Atau Anda juga dapat membuat sebuah situs dengan domain sendiri dan hosting pembelian dengan harga terjangkau.

Anda mungkin berpikir bahwa kegiatan blogging adalah hanya menulis artikel. Atau mungkin hanya sekedar memposting gambar atau video saja untuk sekdar hobby anda, namun saat ini Blogging juga menjanjikan untuk anda dapat mendapatkan uang darinya, terlebih lagi jika banyak yang mengunjungi blog anda.

Konten jenis apa yang harus Anda Tulis? Apapun yang berhubungan dengan Passion Anda dan keahlian, sebagai contoh artikel tutorial, top-10 daftar artikel, komentar pada tren, artikel tips dan Trik Android. Pada dasarnya, Anda hanya perlu menyediakan isi artikel yang berguna, ada banyak ide-ide yang dapat digali dan anda tulis di blog.
  • Google AdSense
Iklan Google yang terdiri dari cpc cpm ppc ini sangat populer di Indonesia, dimana pemilik situs/blog dapat menampilkan iklan di situs web. Setiap kali pengunjung datang atau mengklik iklan yang ada pada situs, maka Anda akan membuat uang. Jumlah per klik iklan biasanya kecil, tetapi jika jumlah klik iklan yang banyak tentu hasil besar dan lumayan.
  • Menawarkan Pemasangan Iklan
Anda juga dapat menawarkan spot iklan banner di blog Anda. Misalnya fokus blog Anda membahas topik tentang fashion, kemungkinan bisnis yang berhubungan dengan topik blog Anda akan bersedia untuk menempatkan iklan dengan biaya tertentu.
  • Pemasaran Afiliasi
Seperti yang saya jelaskan di atas. Dalam website Anda, Anda dapat menyertakan link ke produk yang dipromosikan, dan setiap kali seseorang membeli sebuah produk, Anda mendapatkan komisi.

Anda dapat memadukan iklan dengan konten sehingga semakin besar kemungkinan Anda akan menghasilkan penjualan. Misalnya, Anda dapat melakukan review produk-yang merupakan isi yang berguna- dan kemudian menyertakan link untuk membeli produk yang orang-link adalah link afiliasi Anda.

4. Menjadi YouTuber

Apakah Anda pernah melihat video yang ada di Youtube? Tentu di smartphone anda terpasang aplikasi YouTube, perlu anda ketahui Youtube adalah salah satu situs web paling populer di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna menonton video selama berjam-jam setiap harinya.

Anda dapat memanfaatkan YouTube untuk membuat uang online. Anda tidak perlu membuat video trends atau viral. Namun, jika video Anda dilihat dari seluruh dunia dengan jutaan tampilan, itu adalah keuntungan besar bagi Anda untuk mendapatkan banyak uang.

Anda dapat mengikuti strategi yang telah terbukti untuk meningkatkan jumlah tayangan dari beberapa video. Mulailah dengan membuat konten yang bermanfaat, sesuatu yang menarik untuk dapat ditonton oleh orang banyak. Dan bekerja dalam berbagai ceruk yang berbeda. Video Anda dapat dalam bentuk tutorial, tips dan trik maupun tentang topik tertentu, bermain musik, bernyanyi, dll. Ada tidak ada batasan pada konten video yang dapat Anda buat.

pendapatan YouTuber berasal dari iklan pada video Anda. Langkah pertama, Anda membuat akun YouTube dan mulai mengunggah video. Kemudian Anda dapat mengaktifkan pilihan dalam pengaturan YouTube monetisasi untuk mulai mendapatkan pundi-pundi uang.

Pada dasarnya, hal ini memungkinkan iklan Google AdSense untuk dimasukan secara singkat di video Anda. Tentu Anda pernah melihat iklan jika Anda menonton YouTube video. Saat pemirsa mengklik iklan maupun menskipsnya, Anda akan mendapatkan uang.

Beberapa tips untuk membuat konten  video terlihat profesional
  • Anda dapat menggunakan smartphone atau kamera video sederhana. Tapi pastikan pencahayaannya bagus sehingga objek dalam video Anda terlihat jelas.
  • Pastikan audio dapat didengar jelas. Anda tentu tidak ingin suara AC, konstruksi, kebisingan, atau gangguan lain terdengar dalam video yang anda unggah.
  • Menggunakan perangkat lunak pengeditan yang sederhana seperti iMovie untuk menempatkan judul pada awal video dan kekurangan editing.
5. menjual produk informasi

Jika Anda ingin memiliki bisnis di internet, Anda tidak perlu menjual produk-produk fisik. Pada kenyataannya, menjual informasi digital produk adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk membuat uang.

Ada banyak cara untuk membuat informasi produk, tapi format yang paling populer meliputi:
  • Perekaman audio: telekonferensi, wawancara, Lapangan, atau beberapa produk audio lain
  • Video: rekaman webinar, wawancara, tutorial
  • Teks: e-book, buklet instruksi, panduan wisata
Dalam setiap kategori Anda bisa kreatif dalam membuat jenis format dan konten, selama itu menarik dan bermanfaat. Tidak peduli jenis informasi produk yang Anda Jual, ini bisa menjadi penghasilan pasif income untuk anda.

Closing

Salah satu cara terbaik dapat berhasil dalam bisnis online adalah memastikan Anda berada di tempat pasar yang menguntungkan. Melihat tren, baik itu pada media sosial atau media lain yang dapat membuat bisnis anda lebih tertarget dan maksimal.

Selain itu, Anda tidak perlu membatasi diri untuk satu jenis bisnis online dan yang paling penting setelah ini adalah ACTION. Mulailah dengan satu jenis bisnis online dan fokus di satu tempat terlebih dahulu sampai menghasilkan, maka Anda dapat mencoba model bisnis lain baik masih dalam satu kategori yang anda kembangkan dan perluas.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Jenis Jenis Bisnis Online yang dapat anda coba Semuanya nyaris tanpa modal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Download-game-construction

Iklan Bawah Artikel