Mengenal pengertian artikel dan jenis-jenis artikel berdasarkan isinya

Tahu apa itu artikel - artikel, dan jenis lain dari artikel-sebagai seorang blogger, menulis artikel yang wajib dilakukan. Dalam ketiadaan artikel di blog ini maka akan terasa hambar dan tidak dapat dikatakan sebuah blog. Karena artikel adalah jantung dari sebuah blog. Banyak blogger yang setiap hari membuat artikel, tapi tidak memahami sedikit tentang artikel. Pada kesempatan kali ini oghiezr akan menjelaskan tentang artikel termasuk jenis-jenis artikel.

macam-macam-articles
apa itu artikel, pengertian artikel, jenis artikel

Apa itu artikel?
Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai artikel yang telah di definisikan dari berbagai sumber:

Pengertian artikel Menurut Wikipedia.com
Menurut Wikipeda.com, artikel ini adalah faktual fiksi yang diciptakan sepenuhnya dengan tulisan yang panjang untuk dipublikasikan melalui media tertentu seperti media majalah, newsletter, Surat Kabar, dll. Artikel ini dibuat atau ditulis dengan tujuan untuk menyampaikan ide-ide atau gagasan dan fakta-fakta yang dapat meyakinkan, mendidik serta menghibur pembaca.

Pengertian artikel menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut artikel, yang marupakan kertas KBBI lengkap seperti laporan esai atau berita di sebuah majalah, koran atau Surat Kabar, dll.

Pengertian artikel Menurut koran Ensklopedia pemahaman Indonesia
Jika dilihat dari koran artikel Indonesia (EPI) artikel yaitu karangan berbentuk prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas

Pengertian artikel menurut beberapa ahli
Setiap ahli menyimpulkan tentang pemahaman artikel berbeda-beda. Inilah pengertian artikel menurut beberapa ahli:

Al Aqli
Menurut Al Aqli, artikel merupakan suatu tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu dimana setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan secara tuntas, lugas, dan juga jelas sehingga pembaca mampu mengambil intisari dari karangan yang ditulis.

Sumandria (2004)
Menurut Haris Sumandria, seorang jurnalistik Indonesia artikel adalah tulisan lepas yang berisi pendapat atau opini seseorang yang mengupas secara tuntas tentang permasalahan yang aktual dan kontroversial dengan tujuan mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan, dan menghibur pembaca.

Rillan E. Wolsey
Menurut artikel, itu adalah sebuah esai dengan Rillan panjang tidak pasti. Dimaksudkan untuk menyampaikan ide-ide dan fakta-fakta dengan maksud untuk membujuk, mendidik serta menghibur pembaca.

Lalu bagaimana dengan ciri ciri sebuah artikel?

Ciri-ciri dari sebuah artikel adalah sebagai berikut:

  • Konten berasal dari pernyataan ini didukung oleh adanya fakta bukti-bukti
  • Artikel tidak bersumber dari mitos bahwa tidak dapat diambil ke account untuk Pro
  • Artikel ini adalah hasil asli atau salinan dari dokumen asli
  • Dikatakan bersifat faktual dengan mengungkap berbagai data yang diketahui penulis artikel
  • Isi artikel bukan hanya dari pemikiran penulis tetapi juga dari  hasil analisis fakta yang diperoleh dari objek ataupun narasumber
  • Isi artikel dapat berupa laporan mengenai biografi tokoh, kisah perjalanan seseorang, argumen, hasil riset, berita terkini, dan lain sebagainya
  • Gagasan atau ide yang diangkat harus memenuhi kebutuhan pembaca atau khalayak umum
Apa jenis artikel?

Artikel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:


Deskripsi :
Jenis yang pertama yaitu deskripsi yang merupakan suatu karangan yang isinya menggambarakan tentang suatu hal atau keadaan yang membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, ataupun merasakan hal tersebut.

Narasi :
Narasi adalah cerita, itulah gambaran sederhananya. Jadi pada artikel jenis narasi ini terdapat suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam satu urutan kronologi waktu dimana di dalam kejadian tersebut ada tokoh yang menghadapi suatu permasalahan atau konflik. Narasi dapat berupa fakta seperti biografi ataupun fiksi seperti cerpen atau novel.

Argumentasi :
Artikel argumentasi yaitu suatu karangan yang dibuat dengan tujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat ataupun kesimpulan dengan menggunakan data/fakta yang mendukung sebagai suatu alasan/bukti. Pada argumentasi terdapat 3 unsur yaitu opini, data, fakta, dan alasan penyokong opini tersebut, serta pembenaran dari pembaca yang sangat diharapkan oleh seorang penulis artikel.

Persuasi :
Karangan yang satu ini dibuat dengan tujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Penulis disini mengharapkan sikap motorik dari pembaca dengan melakukan seperti apa yang telah disampaikan penulis di dalam artikelnya.

Artikel memiliki jenis bermacam-macam diantaranya sebagai berikut:

  • Jenis artikel jurnal ilmiah
  • Jenis artikel berdasarkan isinya
  • Jenis-jenis definisi
  • Jenis artikel dan contohnya
  • Jenis artikel beserta contohnya
  • Jenis artikel dalam bahasa jawa
  • Jenis artikel ilmiah
  • Jenis artikel miturut isine
  • Jenis artikel bahasa indonesia
  • Jenis artikel bhs jawa
  • Jenis artikel bahasa sunda Dan masih banyak lagi 
Nah itulah sedikit pembahasan mengenai apa itu artikel, jenis artikel dan ciri-ciri artikel, semoga bermanfaat





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal pengertian artikel dan jenis-jenis artikel berdasarkan isinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Download-game-construction

Iklan Bawah Artikel