Cara Mengatasi memori penuh Perangkat handphone android

Mengatasi memori penuh – Diantara anda pasti pernah mengalami pengunduhan gagal saat kalian mendownload sebuah aplikasi di google playstore padahal memori smartphone anda masih tersisa cukup banyak.

Masalah ini sering terjadi pada perangkat android yang memiliki kapasitas memori yang kecil, tak terkecuali juga pada Smartphone Samsung, Oppo, Sony Xperia, Lenovo, Xiaomi, dan lainnya.

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah kenali penyebab kesalahan tidak cukup ruang pada handphone anda

  • Banyaknya aplikasi yang kalian download di google playstore tanpa memperhatikan berapa kapasitas aplikasi yang dapat anda tampung di handphone anda, hal ini sering terjadi terutama bagi anak-anak yang belum mengerti tentang kapasitas jumlah memori yang dapat anda pakai
  • Cache File dari aplikasi bawaan sistem maupun aplikasi pihak ketiga yang lama menumpuk – Cache adalah file sementara yang membantu system untuk memuat file secara singkat seperti foto di gallery atau penggunaan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dll. Cache yang tersimpan terlalu lama menyebabkan handphone anda lag atau terkadang tidak bereaksi apapun dan menyebabkan aplikasi force close (telah berhenti)
Cara mengatasi "memori penuh pada perangkat android anda" cukup mudah

Hal pertama kenali penyebab kesalahan tersebut, setelah itu anda beralih untuk mencari dan mencoba satu persatu cara mengatasi atau memperbaikinya. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal/MicroSD


Untuk memindahkan aplikasi ke memori external, ikuti cara dibawah ini agar kapasitas memori internal menjadi lebih banyak :
  • Pilih Pengaturan (Setting) → Penyimpanan (Storage) yang ada pada pengaturan atau setting ponsel anda
  • Scroll kebawah lalu cari dan klik Lokasi Pemasangan yang Disukai (Preffered Install Location) pilih Kartu SD (SD card)
  • Lalu kembali lagi ke menu Pengaturan pilih Kelola Aplikasi (Manage Application)
  • Tap/pilih aplikasi mana yang mau dipindahkan, misalnya aplikasi Cymera lalu pilih Pindah ke SD atau Move to SD Card
cara-hapus-aplikasi


2. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan / Digunakan

alah satu penyebab terbesar adalah banyaknya aplikasi maupun game yang didownload dan didiamkan begitu saja. Jadi sebaiknya kalian hapus saja game terutama yang terlalu memakan banyak cukup ruang pada handphone anda. Berikut ini cara menghapusnya:
  • Buka Pengaturan (Setting) → Pilih Kelola Aplikasi (Manage Application), klik nama aplikasi/game yang ingin dihapus, Pilih Copot Pemasangan (Uninstall)
3. Bersihkan Cache / Data Aplikasi

Cara ini paling ampuh yang patut kalian coba karena cache memang terkadang tanpa disadari telah memakan banyak ruang penyimpanan sehingga membuat memory cepat penuh karena meninggalkan banyak sampah yang harus anda bersihkan. Biasanya aplikasi yang banyak memakai cache diantaranya Google Chrome, Uc browser, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.
  • Buka Pengaturan (Setting) → Pilih Kelola Aplikasi (Manage Application)
  • Pada tab Diinstall (Downloaded) pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya, tap Hapus Cache (Clear Cache)
Nah itulah dia cara mengatasi memori full tidak dapat menginstal aplikasi di playstore, jika anda masih gagal cobalah untuk menginstal dengan cusrom (custom room) sesuai dengan tipe handphone sobat, terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi memori penuh Perangkat handphone android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Download-game-construction

Iklan Bawah Artikel